Senin, 23 September 2013

Perbedaan Coklat Batangan Compound dan Couverture

 Perbedaan Coklat Batangan Compound dan Couverture
Coklat batangan merupakan bentuk coklat yang paling banyak digunakan untuk membuat produk-produk berbahan dasar coklat, seperti kue coklat, permen coklat, ice cream coklat, atau puding coklat. Untuk mengenal lebih jauh tentang coklat batangan ini, ada baiknya kita melihat beberapa jenis coklat batangn dibawah ini.
Coklat batangan ini ada 2 jenis, yaitu coklat compound dan coklat couverture. Perbedaan dari dua coklat ini ialah :
Coklat Compound
1. Coklat batangan compound, coklat jenis ini banyak dipakai untuk memproduksi berbagai macam produk-produk coklat. Lemak yang terdapat di coklat compound ini merupakan lemak dari minyak sayur, itulah sebabnya mengapa coklat ini harus dikunyah terlebih dahulu baru bisa meleleh di mulut. Karena faktor inilah, banyak orang lebih menyukai menggunakan coklat compound untuk membuat berbagai macam produk coklat.
Cokelat Couverture
2. Coklat batangan couverture, coklat jenis ini mengandung lemak alami dari coklat itu sendiri. Dan coklat jenis ini bisa langsung meleleh di mulut, tanpa harus dikunyah seperti coklat batangan compound. Menggunakan coklat batangan couverture untuk membuat berbagai macam produk coklat lebih sulit dibanding menggunakan compound, karena coklat batangan couverture harus melalui proses tempering, yaitu proses menurunkan lalu menaikkan suhu ketika cokelat dilelehkan. Proses ini untuk menstabilkan kristal-kristal lemak di coklat batangan couverture, supaya warna coklat tidak kusam.
Jadi jika chocaholic ingin membuat produk-produk berbahan dasar coklat, selain coklat bubuk, chocaholic bisa gunakan coklat batangan compound atau couverture, sesuai selera chocaholic. 

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar