Jumat, 08 November 2013

Cokelat khas Belgia (Pralines)

Cokelat khas Belgia (Pralines)

24Perdagangan coklat exclusif yang laris berpusat di Belgia dan ditangani oleh Perusahaan Belgia. Produk coklat yang utama dalam perdagangan tersebut dan menjadi ciri khas Belgia adalah coklat praline: sebuah coklat kecil bermacam – macam bentuk yang berisi  variasi adonan lunak di dalamnya. 
Seorang Duke Plessis – Praslin, seorang duta besar yang mengabdi pada Luis XIII  adalah orang yang pertama kali mengenalkan istilah praline. Beliau memiliki ide untuk menciptakan adonan yang berbeda dari Bordelais (Provinsi Bordeaux di Perancis). Pada saat berdiskusi dengan kokinya, ide itu muncul untuk melapisi kacang almond dengan gula. Mulai dari saat itu ide adonan praline muncul dan dia memberikan namanya sendiri kepada adonan tersebut.
Pralin dari Belgia dibuat pertama kali pada tahun 1912. Jean Neuhaus menemukan bahwa lapisan luar coklat dapat diisi dengan krim atau selai kacang. Pada intinya, beliau menemukan coklat cita rasa asli Belgia: Coklat Pralin.
21
8Pralin dari Belgia di desain unik dan elegan. Kemasan yang sesuai dan aman berfungsi untuk mencegahnya dari kerusakan. Pada tahun 1920 Neuhaus menemukan solusi yang berkaitan dengan pengemasan yaitu dengan menggunakan Ballotin yang berbentuk box persegi panjang yang kemudian banyak digunakan untuk mengemas coklat Belgia. Sebelum menggunakan Ballotin, pralin dari Belgia dibungkus dengan menggunakan pembungkus kertas berbentuk kerucut.

Coklat Pralin dari Belgia adalah sebuah produk yang terkenal. Berkembangnya industrialisasi menyebabkan pralin dari Belgia dapat di produksi dengan harga yang tidak terlalu mahal yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

1 komentar: